26 Apr 2012

Prozac dan Orgasme Tertunda


Prozac dan Orgasme Tertunda – Jika Anda sering mengkonsumsi obat-obat kesehatan antistres, berhati-hatilah. Peggy Elam, Ph.D mengemukakan bahwa salah satu efek samping dari obat-obatan yang tergolong sebagai antidepresi adalah sulitnya mencapai orgasme. Salah satu obat-obatan yang biasa disebut sebagai SSRI (Selective Serotonin Reuptake Inhibitors) dan yang paling umum dikonsumsi orang adalah Prozac. Obat-obatan itu menghambat kerja sistem syaraf yang bertindak sebagai neurotransmitter serotonin. Pada akhirnya, konsumsi obat-obat itu akan meninggalkan banyak sekali zat kimia yang mengambang bebas di jaringan otak.
Jika Anda mengalami kesulitan orgasme atau juga penurunan gairah seks setelah beberapa waktu mengkonsumsi obat penenang atau obat antistres, maka Anda harus bergegas ke dokter. Mintalah padanya alternatif obat lain yang efek sampingnya lebih ringan.
Menurut Peggy, stres atau depresi (terlebih yang masih dalam tahap ringan), tak selalu harus diatasi dengan menggunakan obat-obatan. Karena berhubungan erat dengan kejiwaan, stres juga dapat disembuhkan melalui terapi khusus kejiwaan. Dukungan lingkungan dan perubahan prilaku dapat menjadi alternatif mengatasi depresi. Namun terapi kejiwaan seperti di atas tentu lebih banyak memakan waktu ketimbang menegak sebuah pil antidepresi.
Hal lain yang juga dapat Anda lakukan adalah berdiskusi dengan pasangan. Buatlah suasana baru dalam kehidupan seks Anda berdua. Misalnya, mencoba berbagai posisi baru dalam bercinta, merancang honeymoon di akhir minggu, atau melakukan ‘seks kilat’ (di sofa,di kamar mandi pada pagi hari, atau di sela-sela kesibukan kerja?). Siapa tahu hal-hal tersebut dapat memacu kembali gairah Anda yang sempat menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar